Logo Idegajah Teks

Analisis SWOT dan Cara Mengaplikasikannya

Idegajah.com – Analisis SWOT adalah teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk mengembangkan rencana strategis bisnis atau proyek kamu. Cara ini dapat membantu mengungkap asumsi yang tidak aman dan kelemahan dari acara yang akan kamu selenggarakan. Selain itu juga dapat memberikan perspektif baru tentang perencanaan proyekmu saat ini serta membantu kamu dalam menciptakan strategi yang ideal untuk keadaan apapun jika kamu menggunakannya dengan bijaksana dan berkolaborasi. Meski terdengar sulit, analisisnya sebenarnya cukup sederhana lho!

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan analisis SWOT.

Strengths (Kekuatan)

Kekuatan merupakan faktor internal yang mempengaruhi acaramu. Analisis kekuatan dalam sebuah acara sangatlah krusial. Contohnya jika kamu membuat acara di tempat yang strategis dan tiket masuk murah daripada acara lainnya.

See also  Jasa Event Organizer - Pentingnya Event Organizer untuk Kesuksesan Acara

Weakness (Kelemahan)

Faktor internal berikutnya adalah kelemahan, akan dianalisis dari komponen atau hal yang dapat menghambat tujuan acara tersebut. Jika kamu menjalankan acara secara virtual menyebabkan terjadinya miscommunication saat berkoordinasi oleh panitia lainnya. 

Opportunities (Peluang)

Langkah selanjutnya, kamu dapat menganalisis faktor eksternal yang mungkin mempengaruhi acara. Saat pandemi banyak webinar yang menyangkut kesehatan mental yang dimana hal tersebut sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat, karena lamanya pandemi mereka menjadi stress. Saat mengadakan acara kita juga dapat mengikuti topik-topik yang sedang ramai diperbincangkan.

Threats (Ancaman)

Ancaman dalam SWOT mengacu pada suatu hal yang berpotensi menimbulkan masalah. Ancaman tidak hanya berasal dari eksternal tetapi juga internal. Setelah pandemi masyarakat sudah mulai tidak tertarik dalam mengikuti acara daring karena kegiatan sudah dapat dilakukan secara luring yang lebih menarik perhatian masyarakat.

See also  Belajar Event dari Tiba-Tiba Tenis

Metode analisis SWOT ini secara efektif akan mempermudah kamu dalam menjalankan sebuah acara. Dengan demikian acara yang sedang dijalankan terstruktur dan kamu dapat menyiapkan rencana-rencana untuk kedepannya. 

Segera konsultasikan acaramu bersama Idegajah untuk mengetahui SWOT pada acara yang akan kamu gelar!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.

Share Social Media

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
On Key

Related Posts

Logo Idegajah Putih

We are young people who are always passionate, so we work wholeheartedly. We also maintain an inclusive environment where we can develop ourselves both professionally and personally.

Copyright ©2022 Idegajah. All Rights Reserved

Developed By Idegajah x Besar

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?