Logo Idegajah Teks

Tips Memilih Venue Terbaik untuk Event Kamu!

Tips Memilih Venue Terbaik untuk Event

Oleh: Fatimah Vitri

Percaya atau tidak, konsep yang matang saja tidak cukup untuk membuat satu event yang sukses. Ada beberapa aspek lain yang harus kamu perhatikan. Di antaranya adalah pemilihan venue atau lokasi penyelenggaraan yang dapat mendongkrak kualitas event

Apakah venue besar adalah venue terbaik? Belum tentu! Meski menawarkan ruang yang cukup lebar, event kamu belum tentu cocok dengan lokasi itu. Oleh karenanya, kamu harus tahu tips memilih venue yang tepat. Simak ulasannya di bawah ini!

Sesuaikan Luas Venue dengan Konsep Event

Hal paling penting untuk kamu perhatikan adalah kesesuaian venue dengan konsep atau jenis event yang ingin kamu selenggarakan. Pertama-tama, kamu harus memutuskan mana yang lebih cocok di antara venue indoor atau outdoor untuk event kamu. 

See also  Penyelenggaraan Event Besar, Persiapan yang Wajib Dilakukan

Misalnya, kamu ingin membuat festival jajanan pasar yang terdiri dari puluhan stan. Hampir setiap stan akan menggunakan kompor untuk memasak jajanan mereka. Praktis, kamu membutuhkan venue dengan sirkulasi udara yang baik. Venue outdoor adalah pilihan terbaik untuk event jenis ini. 

Pilih Kapasitas dan Fasilitas Venue yang Sesuai dengan Kebutuhan

Setelah menentukan tipe venue, pertimbangan selanjutnya adalah kesesuaian kapasitas dengan kebutuhan kamu. Selain menghitung jumlah audiens, jangan lupa pertimbangkan luas yang dibutuhkan untuk panggung dan properti. 

Selain itu, pilih juga venue dengan fasilitas yang memadai. Mulai dari kebutuhan penyelenggara seperti suplai listrik, kebutuhan audiens seperti toilet, dan kebutuhan guest star seperti ruang tunggu. 

See also  Dinamika Pembagian Tugas di Tim Event Organizer

Pertimbangkan Akses Menuju Venue

Selain venue itu sendiri, kemudahan akses menuju venue juga merupakan faktor penting yang wajib kamu perhatikan. Semakin mudah aksesnya, audiens akan semakin tertarik untuk datang. Pastikan akses menuju lokasi event kamu setidaknya cukup untuk dilalui kendaraan roda empat. 

Memilih venue yang sudah populer tentu bisa jadi pilihan yang baik. Selain karena ketersediaan fasilitas yang lebih terjamin, venue yang sudah diketahui oleh banyak orang akan memudahkan audiens kamu. 

Sesuaikan Pilihan Venue dengan Budget

Terakhir namun terpenting, kamu harus memastikan bahwa venue pilihan kamu masih sesuai dengan budget yang tersedia. Jika ternyata melebihi kapasitas anggaran, jangan pernah ragu untuk mengkalibrasi ulang perhitungan antara target jumlah audiens, kebutuhan venue, dan budget. 

Memilih venue memang bukan pekerjaan yang ringan. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan disesuaikan. Namun, mendapatkan venue terbaik untuk event kamu jadi lebih mudah dengan memperhatikan tips di atas. 

See also  Mengoptimalkan Sukses Event-mu dengan Event Organizer (EO): 4 Manfaat yang Tidak Boleh Dilewatkan

Selain itu, kamu bisa menggunakan jasa pihak ketiga untuk mengurus segala kebutuhan event, termasuk dalam hal memilih venue. Hubungi Idegajah di sini untuk mendapatkan konsultasi event terbaik!

Referensi:

http://redlinecomunication.com/blog/tips-memilih-venue-yang-menarik-untuk-event/

https://www.hariansuara.com/news/seven-dream-city/17838/7-faktor-ini-perlu-diperhatikan-dalam-memilih-venue-terbaik-untuk-event

https://www.bridestory.com/id/blog/8-hal-yang-perlu-dipertimbangkan-saat-memilih-venue-pernikahan

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.

Share Social Media

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
On Key

Related Posts

Logo Idegajah Putih

We are young people who are always passionate, so we work wholeheartedly. We also maintain an inclusive environment where we can develop ourselves both professionally and personally.

Copyright ©2022 Idegajah. All Rights Reserved

Developed By Idegajah x Besar

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?