Logo Idegajah Teks

Cari Tahu Apa itu Event Organizer dan Cara Kerjanya!

Event Organizer

Kenali Event Organizer dan Cara Kerjanya Bersama Idegajah!

Maraknya pelaksanaan event di tahun 2022 menjadi salah satu bentuk nyata dari bangkitnya pelaku usaha ekonomi kreatif setelah melalui masa pandemi. Berbagai macam acara mulai dari acara musik, olahraga, seni pertunjukan, dan lainnya sudah bisa kembali dinikmati. Seperti yang dikatakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno “Event-event tersebut dapat dijalankan dengan memperhatikan standar protokol kesehatan berbasis cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environment sustainability (kelestarian lingkungan) atau CHSE.”

Berita baik tersebut tentu disambut baik oleh masyarakat Indonesia yang sudah tidak sabar melepas rindu untuk datang ke event offline. Agar dapat memenuhi ekspektasi dan harapan masyarakat saat datang ke sebuah event, perlu ada persiapan yang maksimal. Nah, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan jasa event organizer!

Apa itu Event Organizer?

Sederhananya, event organizer (EO) adalah pengelola suatu kegiatan (Pengorganisir Acara). Event organizer merupakan jenis usaha dalam dunia bisnis entertainment yang membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya. Untuk menjadi seorang EO atau event organizer yang handal, dibutuhkan pribadi yang berani, pintar melihat peluang, cekatan, dan tentunya kreatif dalam menciptakan ide-ide cemerlang sehingga dapat memberikan inovasi serta mewujudkan acara yang berkualitas.

See also  Menggali Sukses dengan Strategi Event Marketing yang Ampuh

Ide EO berawal dari kebiasaan orang yang menyelenggarakan suatu kegiatan dan dalam prosesnya dikerjakan oleh sekelompok orang yang memiliki satu visi yang sama untuk mensukseskan kegiatan tersebut.

Setiap kegiatan yang diselenggarakan bertujuan untuk memperoleh keuntungan di kedua belah pihak, baik penyelenggara maupun yang hadir pada saat kegiatan berlangsung. Keuntungan ini tidak harus bersifat material namun juga bisa bersifat non material. Ingin tahu cara kerja EO? Simak penjelasan di bawah!

Cara Kerja Event Organizer

Dalam melaksanakan tugasnya, ada beberapa tahapan yang harus dilewati. Berikut beberapa diantaranya:

Perumusan Konsep

Hal utama yang perlu disiapkan adalah perumusan konsep. Sebuah event organizer harus melalukan brainstorming untuk menyusun rancangan dari program yang mau dilaksanakan, mulai dari penamaan, tema program, lokasi, dan lain sebagainya.

See also  Pentingnya 5W + 1H dalam Mendokumentasikan Suatu Kegiatan!

Teknis Acara

Pada tahap kedua, event organizer akan merumuskan konsep yang sudah disusun dan mempersiapkan segala kebutuhan untuk teknis acara demi memperlancar proses pelaksanaannya. Umumnya, pada tahapan ini rundown acara juga sudah mulai disusun sebagai gambaran pada hari H.

Menyusun Anggaran

Anggaran menjadi suatu hal yang sangat krusial. Penanggung jawab dalam bidang anggaran memerlukan ketelitian agar biaya dari mulai sewa lokasi, konsumsi, dekorasi, pengisi acara, dan lain sebagainya dapat terinci dengan baik.

Pembagian Tugas

Dengan melakukan pembagian tugas, proses kerja menjadi lebih cepat. Terlebih apabila setiap anggota dalam tim event organizer tersebut telah memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Tidak hanya itu saja, melalui tahapan ini kamu bisa menjadi lebih fokus mengerjakan tanggung jawab yang dimiliki.

Pendanaan

Setelah anggaran selesai disusun, jumlah biaya yang dibutuhkan sudah semakin jelas. Dengan begitu, tim event organizer dapat mulai membuat daftar calon pendana apabila menargetkan donatur dan juga sponsorship, yang akan disesuaikan dengan jenis serta tema acara, karena biasanya calon sponsor akan enggan mendanai suatu event yang tidak sesuai dengan produk, jasa, atau merek yang mereka usung. 

See also  Tools Penunjang Social Media Marketing Yang Pasti Kamu Butuhkan!

Persiapan 

Persiapan menjelang pelaksanaan acara juga tidak kalah penting. Tim EO harus memastikan persiapan pelaksanaan acara dapat berjalan sesuai timeline yang ditentukan. Pada tahap ini setiap tim yang bertugas mulai bergerak dan membuka negosiasi dengan pihak-pihak terkait seperti pengelola lokasi, vendor perlengkapan, panggung, sound system, pencahayaan, dan juga mulai bergerak untuk menghubungi para calon donatur dan sponsor.

Pelaksanaan

Terakhir, pada pelaksanaan acara, tim event organizer harus mampu menangani situasi yang terjadi di lapangan. Berbagai hal harus dipastikan agar dapat berjalan sesuai rencana dan tidak melebihi waktu yang ditentukan. 

Itu dia penjelasan mengenai event organizer dan cara kerjanya. Memang tidak mudah untuk bisa mengorganisir sebuah acara, maka dari itu diperlukan pengalaman, kreativitas, dan tim yang solid untuk mewujudkannya. 

Kalau Teman Idegajah ingin membuat acara tapi nggak mau ribet melewati 7 tahapan di atas, langsung aja hubungi @Idegajah. Konsultasikan permasalahan kamu melalui bit.ly/chatsalamganesha.

Kami tunggu, ya!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.

Share Social Media

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
On Key

Related Posts

Logo Idegajah Putih

We are young people who are always passionate, so we work wholeheartedly. We also maintain an inclusive environment where we can develop ourselves both professionally and personally.

Copyright ©2022 Idegajah. All Rights Reserved

Developed By Idegajah x Besar

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?